SEJARAH KAMI

Dengan pengalamannya selama 40 tahun sebagai penyedia airline catering bertaraf internasional, Aerofood ACS sebagai bagian dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah berhasil dan selalu menjaga reputasi perusahaan untuk menghadirkan layanan kelas premium untuk produk makanan dan minuman terbaik di kelasnya.

Kesuksesan perusahaan dapat dirunut sejak berdirinya di tahun 1974, di mana saat itu perusahaan memulai operasinya di bawah nama PT Aero Garuda Dairy Farm bekerjasama dengan Dairy Farm, sebuah perusahaan catering yang berbasis di Hong Kong. Setelah sempat berubah nama menjadi PT Angkasa Citra Sarana Catering Serving, di tahun 1991 perusahaan ini beroperasi dengan bendera ACS (Aerowisata Catering Services).

ACS kemudian melakukan diversifikasi dengan menyediakan layanan industrial catering di tahun 2002, dan perusahaan mulai merintis bisnis retail F&B di tahun 2008. Dengan beragam kesuksesan yang terus di raih, perusahaan semakin mengembangkan divisi-divisi baru yang juga memberikan sumbangan bagi perkembangan perusahaan. Di tahun 2009, layanan manajemen laundry dan in-flight logistic memulai operasinya di bawah divisi yang diberi nama Garuda Support.

Bersamaan dengan terus majunya bisnis perusahaan, di tahun 2010 Aerowisata Group sebagai perusahaan induk meluncurkan logo perusahaan baru. Logo baru dimaksudkan untuk semakin memperkuat imej perusahaan berikut anak-anak perusahaannya. Di tahun yang sama, ACS juga mengubah namanya menjadi Aerofood ACS. Logo perusahaan sungguh menunjukkan komitmen perusahaan yang lebih kuat dan logo baru ini juga menghembuskan semangat baru ke seluruh sendi perusahaan yang berbasis di Jakarta ini serta semakin membulatkan tekad Aerofood ACS untuk semakin mengembangkan sayapnya.

Masih di tahun 2010, Aerofood ACS membuka kantornya di Denpasar, Surabaya, Medan, Balikpapan, Bandung, Yogyakarta dan Lombok. Di tahun 2014, cabang Pekanbaru direncanakan juga akan mulai beroperasi.

Saat ini, Aerofood ACS memiliki lebih dari 5.500 staf profesional dan dikenal sebagai pemimpin dalam bisnis ini, dengan produk layanan premium in-flight logistic yang disajikan ke 40 perusahaan penerbangan komersil internasional dan domestic. Aerofood ACS juga menyediakan layanan catering untuk lebih dari 20 perusahaan blue ribbon di seluruh negeri. Berbekal kekuatan pendekatan terhadap customer yang luar biasa, di tahun 2013 Aerofood ACS mendapat pengakuan 2013 Indonesian Airline Support Service Provider dari Frost & Sullivan.

Pada tahun-tahun ke depan, Aerofood ACS telah menyiapkan rencana untuk terus meningkatkan layanan berkualitas dengan secara proaktif menggali lebih banyak peluang bisnis dan mengembangkan pendekatan inovatif sebagai cara untuk selalu menjadi yang terdepan dalam memenuhi tuntutan dan ekspektasi pasar.

Kembali ke Menu Profil

VISI

Menjadi Perusahaan Layanan Makanan Kelas Dunia

MISI

– Menyediakan makanan dan solusi layanan demi kepuasan pelanggan
– Meningkatkan kapabilitas organisasi dengan mempercepat pengembangan sumber daya manusia dan berinovasi dalam proses dan teknologi
– Memaksimalkan nilai – nilai perusahaan untuk pemegang saham dengan meraih pengakuan dunia.

Kembali ke Menu Profil

NILAI

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, Aerowisata menerapkan standar etika sesuai dengan nilai-nilai perusahaan Integritas, Profesional, Sinergi dan Peduli Lingkungan.

INTEGRITY

Konsisten dalam pikiran, perkataan dan perbuatan dengan menjunjung tinggi kejujuran keterbukaan, etika dan keteguhan hati dalam kondisi apapun.

PROFESSIONAL

Bekerja dengan sepenuh hati secara cerdas dan disiplin yang berorientasi pada pelayanan prima dan kepuasan pelanggan guna mencapai hasil maksimal dengan upaya optimal sesuai dengan wewenang, tanggung jawab, aturan, keteladanan, norma dan etika profesi.

SYNERGY

Mampu menjalin dan membangun kerjasama yang berkualitas untuk menghasilkan nilai tambah dengan sikap saling menghargai, saling percaya, saling terbuka dan saling menguntungkan.

CARE FOR ENVIRONMENT

Membangun dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya tanggung jawab moral dan sosial, serta menciptakan lingkungan yang sehat, aman dan nyaman untuk keberlanjutan perusahaan dan kehidupan masyarakat yang berkualitas.

Kembali ke Menu Profil

Ade Ruchyat Susardi
Komisaris Utama

Aryaperwira Adileksana
Komisaris

M. Sukron 
Komisaris

N. Nila Oktaviany  
Komisaris

Kembali ke Menu

I Wayan Susena 
Direktur Utama

Ahmad Irfan Nasution
Direktur SDM

Sam Hartoto
Direktur Operasional

Kembali ke Menu

Emil Fadilah
Vice President Commercial 

Adji Wibowo
Vice President Corporate Affair & Business Support

Kiki Cempaka Yusbar
Vice President Finance

Hoerip Satyagraha
VP Human Capital

M. Ghazali Malik 
Vice President Operation

Kembali ke Menu

PEMERINTAHAN

Pedoman Kebijakan Perusahaan ini disusun dengan maksud untuk dijadikan acuan bagi pelaksanaan kegiatan dan pengambilan keputusan di PT Aero Wisata (selanjutnya disebut Aerowisata) dalam menjalankan usahanya. Penyusunan dilakukan dengan meneruskan dan menyempurnakan kebijakan-kebijakan yang telah ada, serta melengkapinya agar lebih relevan lagi dengan keadaan saat ini dan rencana kegiatan dimasa depan.

Pedoman Kebijakan Perusahaan Aero Wisata merupakan peringkat tertinggi dalam hirarki dua tingkat Kebijakan Pokok. Pada peringkat kedua terdapat seperangkat Functional Policy, antara lain: HR, Operation, Information, Finance & Accounting, Risk Management dan Functional Policy lainnya yang akan dijabarkan dalam Standard Operating Procedure.

Pedoman Kebijakan Perusahaan mencakup kaidah-kaidah inti yang digunakan, dan merupakan acuan bagi semua kebijakan, sistem, standar prosedur operasional dan petunjuk pelaksanaan. Functional Policy merupakan himpunan uraian kebijakan-kebijakan yang berlaku di dalam Perusahaan, yang secara bersama-sama menjadi acuan dalam pengelolaan dan pelaksanaan semua sistem dan prosedur.

Selain menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan Perusahaan, Pedoman Kebijakan Perusahaan ini juga berfungsi sebagai pedoman dalam melaksanakan pengawasan, dan sekaligus menjadi kriteria-penguji dalam mengkaji kesahihan (validity) dari semua keputusan dan peraturan yang dikeluarkan Perusahaan. Peraturan, keputusan atau pernyataan dalam bentuk apapun juga yang bertentangan dengan isi Pedoman Kebijakan Perusahaan ini dengan demikian dinyatakan tidak berlaku. Dengan demikian, Pedoman Kebijakan Perusahaan Aero Wisata berfungsi secara utuh dalam pengaturan Perusahaan.

Pedoman Kebijakan Perusahaan ini dilarang untuk dicetak ulang, di-copy atau diperbanyak dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis dari Direktur Utama. Setiap penambahan atau perbaikan Pedoman Kebijakan Perusahaan wajib mendapat persetujuan tertulis dari Direksi dan diketahui oleh Dewan Komisaris.

COC

Aerowisata berkomitmen untuk melaksanakan praktik-praktik Good Corporate Governance (GCG) dalam upaya mencapai visi dan misi Aerowisata. Pedoman Etika Bisnis dan Perilaku ini merupakan salah satu bentuk komitmen tersebut. Pedoman ini menjabarkan nilai-nilai (values) unggulan Aerowisata ke dalam interpretasi perilaku yang berkaitan dengan Etika Bisnis dan Perilaku.

Standar etika yang diterapkan Aerowisata berdasarkan pada nilai-nilai Aerowisata yang diyakini sebagai nilai unggulan, yaitu FLY-HI yang mencakup: eFfective & eFficient, Loyalty, customer centricitY, Honesty & openness dan Integrity dalam berbisnis dan berperilaku dalam kaitan dengan motto One Team One Spirit One Goal. Aerowisata mendorong seluruh Insannya untuk selalu menjunjung dan mengimplementasikan nilai-nilai FLY-HI.

Pedoman Etika Bisnis dan Perilaku ini disusun untuk menjadi acuan bagi Komisaris, Direksi, Pimpinan, dan Pegawai, sebagai Insan Aerowisata dalam mengelola Aerowisata guna mencapai visi, misi dan tujuan Aerowisata.

COG

Good Corporate Governance merupakan proses dan struktur yang digunakan oleh organ perusahaan untuk meningkatkan keberhasilan usaha guna mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders lainnya berlandaskan peraturan perundang-undangan dan nilai-nilai etika.

Proses penyusunan Code of Good Corporate Governance (COGCG) Aero Wisata diawali dengan Kick Off yang dilaksanakan di Hotel Borobudur, Jakarta yang diikuti Direksi, Komisaris Aero Wisata dan anak-anak perusahaannya. Selanjutnya Aero Wisata melakukan proses assessment yang dilaksanakan oleh BPKP. Hasil assessment BPKP menghasilkan tujuh puluh tujuh rekomendasi yang digunakan sebagai dasar perbaikan penerapan GCG di Aero Wisata. Salah satu rekomendasi BPKP adalah penyusunan Code of Good Corporate Governance (COGCG) Aero Wisata.

Tim GCG menyusun draft manual-manual seperti Code of Conduct, Coporate Policy Manual, dan beberapa Charter. Draft tersebut dibahas bersama Tim GCG Aero Wisata, selanjutnya dibahas dalam Rapat Gabungan Direksi dan Komisaris. Akhirnya draft yang sudah disetujui ditetapkan dengan Surat Direksi.

PENETAPAN KEBIJAKAN WHISTLEBLOWING
PEDOMAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK
PEDOMAN ETIKA BISNIS DAN PERILAKU
KEBIJAKAN PENGENDALIAN GRATIFIKASI
Kembali ke Menu Profil

PENGHARGAAN

Komitmen kami untuk memberikan layanan katering yang kreatif dapat kami wujudkan dengan pendekatan berorientasi customer yang inovatif; dan keahlian dan kekayaan pengalaman yang dimiliki telah membantu kami memenangkan beragam penghargaan dan sertifikasi.

SERTIFIKAT

Kembali ke Menu Profil

KEMITRAAN

Jajaran manajemen dan staf kami yang berdedikasi tinggi bekerjasama dengan erat untuk memberikan layanan terbaik kepada para mitra dari berbagai industri, dengan selalu mengedepankan keunggulan layanan premium sesuai dengan tuntutan pasar dan kepuasan pelanggan.

MASKAPAI

RUMAH SAKIT

PERTAMBANGAN MINYAK & GAS

TOWN SITE

FACILITY MANAGEMENT SERVICE

Kembali ke Menu Profil